Siswa SMK Berkompetisi Rebut Tiket ke Jerman


  
Bandung --- Kompetisi tahunan para siswa siswi Sekolah Menengah SMK) Kejuruan kembali digelar. Kali ini, perhelatan yang bernama Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ini dipusatkan di Lapangan Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Bandung Jawa Barat, pada 18-22 Juni 2012. Acara ini dibuka
langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, tadi malam, Senin (18/06). 

Ketua penyelenggara LKS SMK, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, melaporkan, jumlah peserta keseluruhan acara ini adalah 1.800 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 992 orang peserta lomba, 117 orang model, 175 orang juri dari perguruan tinggi, mitra industri, asosiasi profesi dan keahlian, 103 orang pendamping, 66 orang delegasi teknis, 55 orang panitia, 380 orang tim teknis pendukung. “Para peserta adalah siswa terbaik yang telah diseleksi dari sekolah hingga provinsi,” katanya. Para siswa siswi yang berhasil menjuarai LKS tahun 2012 ini akan menjadi duta Indonesia yang akan berkompetisi dalam World Skill Competition di Jerman, pada 2013 mendatang. “Siswa yang menang, akan dilatih khusus untuk ikut World Skill Competition di Jerman, tahun depan,” lanjutnya. Kompetisi kelas dunia tersebut diadakan setiap dua tahun sekali. Tahun 2011 lalu, 14 siswa SMK telah berkompetisi dan berhasil meraih juara pada World Skill Competition di London. “Mudah-mudahan tahun depan prestasi Indonesia meningkat,” ujarnya. Tahun lalu Indonesia berada di posisi 16 dunia, naik dua peringkat dari sebelumnya yaitu posisi 21. Ke-14 siswa yang telah menjadi juara di London itu mendapat voucher senilai masing-masing Rp20 juta rupiah, yang diserahkan oleh Mendikbud. 

 Dalam acara pembukaan LKS SMK 2012 tadi malam juga diserahkan trophy bergilir LKS dari Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang merupakan juara umum tahun lalu, kepada Dirjen Dikmen, Hamid Muhammad. Setelah itu, Hamid menyerahkan kembali kepada ketua panitia, Direktur Pembinaan SMK, Anang Tjahjono. (AR)