Alumni ITB Jalin Kerjasama di SMPN 1 Lembang





Sehubungan dengan adanya jeda waktu yang cukup panjang antara berakhirnya ujian dengan pengumuman hasil Ujian Nasional, maka pihak sekolah bersama Alumni ITB Angkatan 1976 mengisinya dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi peserta didik itu sendiri, baik itu dilingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat. dalam upaya mempererat hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Hubungan sekolah dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat
berperan dalam membina dan mengembangkan pribadi peserta didik. dalam hal ini, sekolah sebagai sistem sosial merupakan bagian intergral dan sistem sosial yang lebih besar, yakni masyarakat. dan banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan baik antara pihak sekolah dan masyarakat, diantaranya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan kegiatan bakti sosial pada lingkungan dan masyarakat.

Menurut penjelasan Wakasek Mochammad Heddy Hidrajat.SPd selaku Ketua Pelaksana Kegiatan yang didampingi Wakasek Humas Priyono Widyatmoko, beliau menjelaskan bahwa; kegiatan bakti sosial ini sudah kita lakukan secara rutin bahkan sudah memasuki tahun keempat, dan tahun ini merupakan tahun yang istimewa, karena kegiatan bakti sosial kali ini kita bekerjasama dengan pihak Alumni ITB Angkatan 1976.. Terkait dengan Permendiknas No 39 tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan serta program kesiswaan SMPN 1 Lembang, kegiatan ini kami selenggarakan dengan tujuan; Mengenalkan kehidupan yang lebih luas dan nyata terhadap peserta didik. juga Mengaplikasikan hasil pembelajaran disekolah dalam berkehidupan nyata dimasyarakat. dan Memotivasi peserta didik untuk melakukan kegiatan positif yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, serta Menanamkan rasa kepedulian siswa terhadap almamater dan sesama insan. Sehingga dampak lainnya yang kita petik sembari menunggu detik-detik pengumuman hasil UN, para siswa dapat terhindarkan dari kegiatan-kegiatan yang berdampak negatif. 


Kegiatan ini dilakukan selama 6 (enam) hari dan dimulai pada Minggu 13 mei sampai dengan sabtu 19 mei 2012, pada hari pertama dilaksanakan di Alun-Alun Lembang, yang dihadri oleh Kepala Kecamatan Lembang dan jajarannya, para Kepala Desa dan Karang Taruna, “dan tak ketinggalan masyarakat sekitar ikut berpartisipasi”,ujar Priyo. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini didampingi oleh para wali kelas IX serta Mahasiswa PLP UPI Bandung. adapun sasaran kegiatannya meliputi Alun-Alun Lembang, yaitu pembersihan lingkungan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon, namun untuk kegiatan didesa Lembang. desa Jayagiri, dan desa Kayu Ambon akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan para peserta didik, termasuk pada akhir kegiatan akan ada bantuan berupa semako, dan diakhiri pembersihan lingkungan sekolah, meliputi ruangan belajar dan taman sekolah. Jelas Priyo Widyatmoko. Sementara itu Kepala RSBI SMPN 1 Lembang, H.Wawan Kuswandi.MPd, menyampaikan kepada grindonews.blogspot.com, bahwa kegiatan bakti sosial peduli pada lingkungan yang kita laksanakan, merupakan salahsatu program akhir tahun ajaran, dan tahun ini merupakan tahun yang keempat, "dan tahun-tahun sebelumnya kita laksanakan secara mandiri dari pihak sekolah",jelasnya. Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan akan terjalin hubungan yang lebih harmonis antara warga sekolah dan masyarakat. dan melalui kegiatan yang dilakukan diharapkan peserta didik mampu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam mengisi kekosongan waktu yang ada, dan sekaligus dapat memperoleh pengalaman baru yang bisa dijadikan bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya serta "berkehidupan dilingkungan masyarakat sesuai dengan asas pendidikan seumur hidup".ujar H.Wawan. (wani Sailan.grindonews.blogspot.com )