Ade Nugraha Ditugaskan Bina Sekolah Lingkungan Hidup




Meraih prestasi, tentu menjadi impian kita semua, namun untuk menggapai impian itu tentu diperlukan usaha dan perjuangan yang sungguh-sungguh. seperti halnya Kepala SMPN 2 Dayeukolot Kabupaten Bandung, yakni Ade Nugraha.SPd.Msi. pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diundang ke Istana Merdeka Jakarta untuk menerima langsung Anugerah Adiwiyata Mandiri 2012 yang diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Adiwiyata Mandiri (tropy emas)merupakan penghargaan tertinggi secara nasional terhadap Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL), bersama 9 sekolah SMP se Indonesia, SMPN 2 Dayeukolot Bandung menjadi yang terbaik diantara sekolah-sekolah tersebut,dan dinilai sangat berhasil dalam mengembang 4 kriteria yang menjadi tolok ukur penilaian sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup. 

Sebagaimana yang dijelaskan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMPN 2 Dayeukolot, H.Enceng.SPd. sebelumnya, kita ditetapkan sebagai sekolah SBL di Kabupaten Bandung dan mendapat penilaian terbaik, kemudian kita dilomba ketingkat Provinsi, kita juga menjadi sekolah SBL yang mendapat nilai terbaik dan menerima Adiwiyata (tropy perak), 

“Dengan meraih Adiwiyata tersebut, kita ditetapkan menjadi perwakilan dari Provinsi Jabar untuk mengikuti lomba SBL tingkat Nasional, dan Alhamdulillah pada tahun ini kita akhirnya meraih Adiwiyata tertinggi nasional yaitu Adiwiyata Mandiri”tutur Enceng. 

Sementara itu Kepala SMPN 2 Dayeukolot, Ade Nugraha.SPd.Msi, saat diminta keterangan oleh www.kabargrafika.com, beliau mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME atas penghargaan ini, dan tentunya Adiwiyata Mandiri tersebut menjadi motivasi para guru dalam menjalankan program-program lainnya, dan ini merupakan buah prestasi dari hasil kerja sama yang sungguh-sungguh dari pihak sekolah ,khususnya tim 11”tutur Ade. 

Dalam hal ini tentunya kami terus berharap untuk dapat meraih prestasi-prestasi lainnya,terutama dalam mengingkatkan mutu serta kualitas sekolah serta dapat menciptakan siswa-siswa yang kreatif, cerdas dan juga dapat mewujudkan lulusan-lulusan yang dapat berdaya saing pada jenjang selanjutnya”ucap Ade. 

Setelah meraih Piala Adiwiyata Mandiri, SMPN 2 Dayeuhkolot mendapatkan tugas untuk melakukan pembinaan kepada 10 SMP negeri dan SMP swasta di Kab. Bandung. Hal itu disebabkan SMPN 2 Dayeuhkolot sudah tidak diperkenankan mengikuti kembali pada ajang yang sama.

"Piala Adiwiyata Mandiri merupakan prestasi puncak secara nasional dari sekolah berbudaya lingkungan (SBL)," kata Kepala SMPN 2 Dayeuhkolot, Drs. Ade Nugraha, M.Si, di ruang kerjanya. 

Dijelaskan Ade, 10 SMP binaan SMPN 2 Dayeuhkolot untuk budaya lingkungan adalah: 

1.SMPN 1 Cimaung, 
2.SMPN 1 Nagreg, 
3.SMPN 1 Cimenyan, 
4.SMPN 1 Ciwidey, 
5.SMPN 3 Baleendah, 
6.SMPN 2 Pangalengan, 
7.SMPN 2 Katapang, 
8.SMP PGRI Baleendah, 
9.SMP Karyabakti Katapang, 
10.SMP Sandhy Putra. 

"Kesepuluh SMP itu sudah menjalin kerja sama sejak setengah tahun lalu. dan Pada tahap awal kami memberikan pendekatan kepada guru, siswa, dan komponen sekolah lainnya untuk ikut bersama-sama mengelola lingkungan," katanya.//sailan.(www.kabargrafika.com)

Editor : Sailan