SMPN 2 Dayeukolot Raih Adiwiyata Mandiri Nasional





SMPN 2 Dayeukolot Kabupaten Bandung Jawa Barat adalah salahsatu sekolah penerima penghargaan adiwiyata tertinggi. Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2012 diserahkan langsung oleh Presiden RI Selasa, 5 Juni 2012 kemarin di Istana Negara.

Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Penganugerahan penghargaan Adiwiyata ini merupakan rangkaian dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. dimana setiap tahunnya terus dilaksanakan. 
Pemilihan Adiwiyata tahun 2012 ini, provinsi Jabar hanya diwakili oleh 2 sekolah saja.dan berdasarkan hasil penilaian dari tim pusat, untuk tingkat SMP penilaian tertinggi diraih oleh SMPN 2 Dayeukolot Kabupaten Bandung. 

Selaku guru yang termasuk dalam anggota Tim 11 yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dalam menjalankan program lingkungan, Iis Widaningsih SPd yang didampingi H.Enceng,SPd,SM.i menyampaikan, awalnya SMPN 2 Dayeukolot hanya menjadi sekolah model Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) dan selanjutnya mendapat penilaian terbaik untuk tingkat kabupaten, lalu kami menjadi perwakilan ketingkat provinsi untuk menuju Adiwiyata. dan... Alhamdulillah... SMPN 2 Dayaeukolot beserta 9 SMP se Indonesia untuk mengikuti lomba Adiwiyata tingkat nasional, patut disyukuri, kami dinyatakan menjadi yang terbaik, diantara sekolah-sekolah tersebut, sehingga kami dapat meraih Adiwiyata Mandiri Nasional 2012. 

"Saya bangga selaku guru SMPN 2 Dayeukolot, khususnya guru-guru yang tergabung dalam tim 11"ujar Iis. 
"Dan pihak sekolah diundang langsung ke Istana untuk menerima penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono", 

Sebagai sekolah Adiwiyata, SMPN 2 Dayeukolot mempunyai 10 sekolah binaan dalam mengembangkan budaya lingkungan hidup,jelas Enceng. dan yang kami rasakan saat ini adalah kepercayaan kinerja, juga atas apa yang telah diraih dapat menjadi motivasi untuk menjadi lebik baik. ujar Enceng pula. Dan kami mengharapkan kepada pemerintah agar Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) ini dapat menjadi Muatan Lokal (Mulok) wajib disekolah, harap Enceng dan Iis. 

Sementara itu Kepala sekolah SMPN 2 Dayeukolot Drs.Ade Nugraha,SPd,M.Si menuturkan selaku Kepala Sekolah sangat bangga atas raihan penghargaan Adiwiyata Mandiri Nasional ini,dan inipun merupakan suatu bukti perjuangan yang sungguh-sungguh dari pada guru dalam menjalankan program yang dipercayakan pemerintah terhadap pihak sekolah, mudah-mudahan prestasi yang kita raih dapat menjadi motivasi para guru dalam menjalankan tugas kesehariannya" ujar Ade. 

Dengan pengharagaan ini tentu kita selaku pihak sekolah akan terus berbenah dan sekaligus bisa mempertahankannya,karena perhargaan inipun membawa nama baik lembaga pendidikan terkait dan daerah Kabupaten Bandung.Sehingga kami selalu berharap masukan-masukan yang positif baik dari Dinas Pendidikan maupun Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung,"tutur Ade pula. 

Nama guru yang tergabung dalam Tim 11 Adiwiyata.SMPN 2 Dayeukolot Bandung. 

 1. Drs.Ade Nugraha, SPd,M.Si (Penanggung jawab). 
2. E.Wawan Hermawan,SPd. (Ketua) 
3. Fuadah Hanum M, SPd,M.M.Pd. (Sekretaris) 
4. Iis Widaningsih,SPd. (Bendahara) 
5. H.Enceng,SPd,M.Si (Anggota) 
6. Drs.A. Teddy Rahayu (Anggota) 
7. Dra.Dewi Rohayati (Anggota) 
8. Yuni Kurniasih,SPd. (Anggota) 
9. Yuningsih,SPd. (Anggota) 
10. Siti Hasanah,SPd. (Anggota) 
11. Asep Wasillah,S.Pdi. (Anggota) 

Penulis  : Wani Sailan
Editor   : Redaksi  www.kabargrafika.com