OSN SMP 2012 Pontianak



Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SMP 2012 akan digelar di Pontianak, Kalimantan Barat dari 28 Juni hingga 4 Juli 2012. Temanya adalah "Penguasaan ilmu–ilmu Dasar dalam Rangka Membangun dan Menguatkan Karakter". 

“OSN berfungsi sebagai salah satu alat untuk mengukur keberhasilan siswa terhadap ilmu-ilmu dasar melalui kompetisi keilmuan tahunan berskala nasional,” ujar Sumharmoko, 

Ketua Panitia OSN SMP 2012, di Jakarta beberapa hari lalu. Mata pelajaran yang dipertandingkan meliputi matematika, fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jumlah peserta untuk masing-masing mata pelajaran berjumlah 99 orang. 

Kegiatan akan dipusatkan di Hotel Kapuas Palace Pontianak. Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan OSN SMP ini antara lain memacu peningkatan mutu pendidikan sains, matematika, ilmu sosial bagi siswa dan warga sekolah, dan terjaringnya siswa-siswa yang unggul di bidang-bidang tersebut. 

Selain itu, OSN diharapkan dapat menjembatani terwujudnya keakraban antar peserta sebagai cermin persatuan dan kesatuan bangsa. (NW)