Kategori Kota KecilTerbersih Terbaik di Sumatera Kota Kayu Agung Meraih Adipura
Setelah beberapa waktu yang lalu mengaharumkan nama bangsa Indonesia dengan meraih penghargaan Eno Golden dan Eno Silver Award dari ENO International dan ditetapkan sebagai salah satu anggota jaringan Kota Hijau Dunia bersama 10 kota besar lainnya dari berbagai belahan benua di Dunia, tepatnya selasa, (5 /6/2012) di Istana Negara Jakarta, 

Kota Kayuagung ibukota Kabupaten Ogan Komering Ilir kembali meraih Piala Adipura dengan predikat yang membanggakan, yaitu kota kecil terbersih di Sumatera dan nomor tiga secara nasional. Anugerah Adipura ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirangkai dengan Pencanangan Tahun Badak Internasional tahun 2012 di Istana Negara Jakarta. 

Peringatan tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan para kepala daerah tingkat kabupaten dan kota. Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan, "Kepedulian dan kepeloporan masyarakat melestarikan lingkungan dari waktu ke waktu semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitasnya. Untuk itu, disampaikan penghargaan lingkungan kepada individu, kelompok, dan perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup. Penghargaan lingkungan tersebut adalah Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri, dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik. 

Dikatakan Kambuaya untuk peserta Piala Adipura tahun 2012 ini mengalami peningkatan jika pada tahun 2011 diikuti oleh 63 kota sedangkan tahun 2012 ini diikuti 125 kota dengan kategori kota Metropolitan, Besar, Sedang dan kecil. Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya menilai pentingnya ekonomi hijau untuk masa depan guna mencapai tiga sasaran besar yaitu ekonomi terus tumbuh dan memberikan lapangan kerja serta mengurangi kemiskinan, tanpa mengabaikan perlindungan lingkungan “tema yang diusung “Ekonomi Hijau, Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan” ini merupakan tonggak bagi kita untuk terus meningkatkan pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan dengan melibatkan masyarakat, LSM dan swasta” Ujar presiden. 

Selanjutnya Presiden juga mengucapkan terimakasih kepada individu dan kepala daerah peraih penghargaan “Selamat dan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan keteladanan Saudara-Saudara atas pemeliharaan lingkungan hidup. Terus wujudkan pelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari seperti hemat air dan energi serta menanam pohon” pesan Presiden. 

Sementara itu Bupati OKI setelah menerima piala Adipura di Istana Negara mengatakan pelestarian lingkungan di Kabupaten OKI bukan ditujukan untuk meraih Adipura atau penghargaan lainnya saja. "Upaya pelestarian lingkungan ditujukan bukan untuk meraih Adipura atau penghargaan lainnya, tetapi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan adanya lingkungan yang bersih dan tertata serta menumbuhkan pola hidup bersih pada masyarakat" Ujar H. Ishak Mekki. 

Bupati Ogan Komering Ilir ini menyakini perbaikan lingkungan merupakan kerja besar yang melibatkan banyak pihak. “keberhasilan Kabupaten OKI meraih Piala Adipura dengan predikat membanggakan ini tidak terlepas dari kerja keras warga, sektor usaha dan pemerintah, eksekutif maupun legislatif. Semua bekerja secara ikhlas untuk kebaikan bersama untuk keindahan kota. Terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kami ucapkan" Ujar Ishak. 

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kebersihan dan Pasar Kabupaten OKI, H. Amiruddin, S. Sos yang mengatakan selain kerja keras dari berbagai pihak poin yang paling besar dalam penilaian Adipura yaitu partisifasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dijelaskan Amir berbagai upaya yang pihaknya lakukan untuk menyukseskan Adipura Tahun 2012 diantaranya dengan menata kebersihan dan kenyamanan pasar, menata keindahan daerah aliran Sungai Komering, menyediakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dilengkapi pengolahan sampah serta yang lebih penting, yaitu melibatkan masyarakat dalam menjaga kebersihan seperti Jum'at bersih kampanye kebersihan di sekolah-sekolah, menyediakan tempat sampah yang diperuntukkan untuk memilah dan memilah sampah serta teduhnya Kabupaten OKI berkat upaya penghijauan yang telah dilakukan selama ini. 
Editor : Bedjo 
Sumber : Sriwijaya Post