PNS Pemkab Bandung Ikuti Diklat Life Skill


Sebanyak 200 Pegawai Negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Bandung, mengikuti Diklat Life Skill selama tiga hari. Diklat tersebut diberikan kepada para PNS menjelang memasuki masa pensiun atau purna bakti. Diklat life skill diselenggarakan Pemkab
Bandung bekerjasama dengan PT. Wahana Karya Nurani. 

 "Saya sangat menyambut baik kegiatan ini, sebagai langkah antisipasi sebelum memasuki masa pensiun...", ucap Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip saat membuka diklat tersebut di Hotel Antik-Soreang,
Rabu (27/6). Ia mengingatkan kepada para PNS yang akan pensiun untuk tetap berpikir, berdzikir, berkarya dan bermasyarakat. Karena menurutnya masih banyak kegiatan lain yang bisa dikerjakan oleh pensiunan PNS dalam menghadapi masa tua. Namun demikian ia mengingatkan pula, kegiatan yang akan diikuti para pensiunan PNS pada masa tua, harus disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan pikiran. 

Dadang M. Naser mengungkapkan, memasuki masa pensiun tidak berarti harus berhenti dari segala aktifitas. "Tenaga mungkin mulai berkurang, tapi ide dan pikiran saya yakin masih tetap cemerlang. Jadi tidak ada salahnya jika pensiunan PNS terjun dibidang wiraswasta yang tentunya memerlukan pemikiran yang matang...", katanya. Ia mencontohkan, betapa pensiunan masih bisa berkarya seperti halnya di Malaysia. 

Menurutnya rata-rata sopir taksi yang ada di negara tetangga tersebut kebanyakan pensiunan laskar angkatan laut. Diklat Life Skill menurut H. Dadang M. Naser, sebaiknya diberikan pula kepada pegawai TKK (Tenaga Kerja Kontrak), sebelum mereka mendapat kepastian menjadi PNS. "Dengan memperoleh pelatihan wiraswasta, mudah-mudahan mereka bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan sehari-hari...", tuturnya pula. 

Diklat life skill menurut Kepala BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Kabupaten Bandung Drs. H. Erick Juriara E, M.Si diikuti oleh para PNS yang akan memasuki masa pensiun 1 atau 2 tahun kedepan. Selama pelatihan, mereka menurutnya akan diberikan materi pelajaran, berupa persiapan mental menjelang masa purna bakti, manajemen aktifitas purna bakti, manajemen keuangan dan kewirausahaan. "Dengan adanya diklat ini, saya berharap para pensiun PNS bisa memanfaatkannya untuk bekal menghadapi hari tua...", harap H. Erick Juriara. 

Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung