Jatim Pertahankan Juara Umum O2SN.

Palembang --- Piala bergilir Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2012 kembali diraih Provinsi Jawa Timur dengan mengantongi 19 medali emas, 14 medali perak, dan 22 medali perunggu. Lewat kemenangan tersebut,
Jawa Timur berhasil menjadi juara umum enam kali berturut-turut dalam ajang yang tahun ini digelar di Palembang, Sumatera Selatan.

Sementara itu di posisi kedua diperoleh oleh Provinsi Jawa Tengah dengan 18 medali emas, 8 medali perak, dan 17 medali perunggu.
Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat ketiga dengan 17 medali emas, 10 medali perak, dan 7 medali perunggu. 

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suyanto menyampaikan kabar gembira tersebut di hadapan ratusan atlet O2SN yang hadir dalam upacara penutupan yang digelar di Dining Hall Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Jumat (17/7) malam. “Selamat kepada para juara. Pertahankan terus prestasi kalian dan bagi yang belum juara, jangan putus asa (karena) masih banyak waktu untuk melakukan berbagai upaya menuju jenjang juara dan prestasi di berbagai bidang olah raga yang akan kami kompetisikan setiap tahun,” ujarnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Adi Karyadi yang membacakan sambutan Gubernur menyampaikan ucapan bangga dan bahagia akan perjuangan atlet-atlet muda yang bertanding dengan penuh percaya diri, motivasi tinggi, serta sportivitas. “Dalam sebuah perlombaan harus ada yang menang dan kalah, tetapi ada hal yang membuat kita terharu pada O2SN ini, di mana anak-anak kita telah menunjukkan semangat bertanding, semangat juang dan pantang menyerah,” tuturnya. Ia juga menyinggung tentang atlet yang kalah dapat dengan sportif dan jujur mereka mengapresiasi lawan dengan mengucapkan “selamat”. 

“Sungguh seorang olahragawan sejati telah muncul dari pelajar terbaik yang kita miliki,” tambah Adi. O2SN 2012 diikuti oleh 4.758 atlet dan pelatih jenjang SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, dan SMALB. O2SN 2012 mempertandingkan beragam cabang olah raga (cabor). Pada tingkat SD mempertandingkan 12 cabor, tingkat SMP mempertandingkan 8 cabor, tingkat SMA mempertandingkan 5 cabor. 

Penyerahan piala bergilir disampaikan Suyanto kepada perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Timur, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Pertama, Pendidikan Menengah Atas (PMP PMA), Bambang Sudarto. Pada kesempatan yang sama, Suyanto juga menyerahkan bendera O2SN kepada perwakilan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai tuan rumah pelaksanaan O2SN 2013. (RA)