Server Ngadat, UKG Online Kacau

Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012 yang diselenggarakan mulai hari Senin (30/7) kemarin ternyata tidak berjalan lancar di sejumlah daerah. Walau sebelumnya telah dilakukan simulasi tes, UKG Kemendikbud yang dilakukan secara online tersebut akhirnya sempat kacau gara-gara tidak bisa tersambung ke server pusat Kemendikbud. “Koneksi internet ke server pusatnya gagal. Guru enggak bisa log in untuk isi data dan mengerjakan soal.

Ditunggu sampai pukul 10.00 WIB tidak connect juga, akhirnya UKG batal,” ujar para guru peserta. Kejadian ini tentunya membuat para guru yang sebelumnya sudah siap mengikuti ujian akhirnya harus menelan kekecewaan. Namun untungnya kendala ini tidak berlangsung terus-menerus. Di beberapa daerah, server online untuk pelaksanaan UKG sudah mulai bisa diakses dan ujian gelombang 2 pun bisa dilakukan. 

Sementara itu pihak Kemendikbud sendiri mengakui bahwa pelaksanaan UKG online di hari pertama kemarin memang memiliki berbagai masalah. Menurut informasi yang diterima fukus berita, 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud, Syawal Gultom, mengungkapkan bahwa para guru di sejumlah daerah yang batal mengikuti UKG kemarin akan kembali menghadapi tes pada bulan Oktober mendatang. 

 “Iya, semua daerah yang tertunda akan kita laksanakan ujiannya pada lain hari. Rencananya akan kita mulai 2 Oktober,” ujarnya. “Kita akan upayakan online. Kecuali benar-benar tidak bisa online, maka akan kita lakukan secara manual.”