Idul Qurban: SMAN 1 Baleendah Meningkatkan Ketaqwaan Para Siswa dengan Gemar Bershadaqah.

Idul Qurban merupakan salahsatu hari besar dalam agama islam yang banyak mengandung nilai-nilai ibadah. Selain itu idul qurban juga mengandung nilai sejarah, pendidikan, dan nilai sosial. Sebagai salah satu institusi pendidikan RSBI SMAN 1 Baleendah, sudah beberapa tahun belakangan ini terus melaksanakan kegiatan idul qurban yang diprakarsai oleh para siswanya.
Untuk tahun ini saja, jumlah hewan kurban mengalami peningkatan sebanyak 34 hewan kurban, yang terdiri dari 3 ekor sapi dan 31 ekor domba.dalam hal ini sekolah sebagai instutusi pendidikan yang memiliki fungsi dan tujuan untuk menanamkan nilai – nilai keimanan.

Dalam hal ini, sekolah sebagai instutusi pendidikan yang memiliki fungsi dan tujuan untuk menanamkan nilai – nilai keimanan para siswanya.ujar Kepala SMAN 1 Baleendah Drs.H.Aa Sudaya.MPd, dengan diadakannya kegiatan ini selain pembentukan karakter, juga bertujuan membentuk Iman dan Taqwa para siswa, kami sangat berharap agar para siswa SMAN 1 Baleendah, baik masih bersekolah maupun yang sudah bekerja dan dimanapun ia berada agar menjadi sosok manusia yang beriman dan bertaqwa.

Aa menambahkan bahwa, upaya dalam membentuk kemandirian siswa dalam berqurban. Sehingga apapun status mereka nanti, misalnya menjadi ekonom, tentu harapan kami mereka menjadai ekonom yang beriman. Menjadi pengusaha juga pengusaha yang beriman. ujar Aa.

Sementara itu M.Arifin.MPd. guru yang membidangi kehumasan dan selaku Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan, bahawa Kegiatan Idul qurban di SMAN 1  Baleendah setiap tahun dilaksanakan oleh seluruh siswa disini, mulai dari pengumpulan dana hingga ke proses pelaksanaan kegiatanpun  dilakukan oleh mereka, dan allhamdulillah beberapa tahun ini dapat dilakukan dengan baik.

Tepatnya pada Jumat 26 oktober 2012  tepat pukul 06.15 wib.  seluruh siswa melaksanakan sholat Idul Adha, di Mesjid yang ada disekolah, setelahnya dilanjutkan proses pemotongan hewan serta pendistribusian daging hewan kurban disekitar wilayah sekolah termasuk wilayah kampung Binaan, kampung Benyeng, kampung Cipancur dan masyarakat luas (lembaga yang meminta dan mengajukan) jelas Arifin.

Adapun tujuannya adalah  Dengan Melalui Idul Adha 1433 H. pihak sekolah tak pernah berhenti berupaya dalam meningkatkan keimanan para siswa kepada Allah SWT. serta Meningkatkan para siswa gemar bershadaqah, meningkatkan kepekaan sosial serta melatih siswa untuk menyembelih hewan qurban dan melatih siswa dalam mengelola pelaksanaan Idul Qurban.

Ditinjau dari sudut sejarah ummat islamakan mengenang tentang perjuangan keluarga Ibrahim kala itu mendapat perintah dari Allah untuk menyembeli anaknya yang bernama Ismail sebagai bentuk pengorbanan dalam menjalakan ketaatannya kepada Allah SWT. Ditinjau dari sudut pendidikan ummat islam akan mengenang tentang nilai-nilai kesabaran dan keikhlasan dari peristiwa yang dialami oleh keluarga Nabi Irahim AS. Ditinjau dari sudut sosial tentunya banyak sekali nilai positif yang bisa dipetik, mulai dari proses penyembelian hewan qurban hingga pada pembagian hewan kurban itu terhadap orang yang dinilai berhak untuk menerimanya.


ketika melihat aktivitas dan semangat semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Hampir sebagian besar guru-guru dan para siswa SMAN 1 Baleendah ini turun tangan dalam proses kegiatan Qurban ini. Mulai dari proses pemotongan Qurban hingga ke proses pembagian Qurban ke khalayak yang sebagian besar dilakukan oleh siswa.   

Semangat kebersamaan para siswa  dan guru sangatlah terasa dari berbagai hal yang mereka lakukan di kegiatan ini. Begitu pula dengan antusias siswa yang sangat tinggi ketika menyaksikan proses pemotongan Qurban dan keterlibatan mereka dalam proses pembagian daging hewan qurban tersebut.


Penulis /Editor : Wani Sailan.