Ahmad Heryawan Bersilaturahmi di Bojongsari

Sebidang kolam sawah di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/12), mendadak seperti pasar. Wajar saja karena kolom dipakai warga desa menjadi arena Ngagogo. 

Ngagogo adalah pesta rakyat menangkap ikan tanpa alat secara beramai-ramai. Kegiatan ini menjadi ajang warga desa meluapkan kegembiraan seraya menjalin silaturahim. Ngagogo juga menjadi wahana mengungkapkan rasa syukur atas karunia alam. 


Ngagogo di Bojongsari, 

Bojongsari adalah sebuah desa yang memiliki hamparan sawah yang luas dengan latarbelakang perbukitan ini, kian meriah setelah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tiba. Pada hari sama, beberapa kilometer dari kolam, Heryawan mengikuti kegiatan penghijauan daerah aliran sungai (DAS) Citarum. 

Warga mulai turun ke kolam sejak pagi. Menjelang siang tak kurang 2.000 warga memenuhi arena pesta. Berburu ikan tanpa alat membuat dalam sekejap seluruh peserta Ngagogo berlumuran lumpur. Tak kurang dua ton ikan emas di tebar di kolam sawah. 

Gubernur Heryawan yang kerap disapa Aher tiba di lokasi acara sekitar pukul 12.00 WIB. Tak berlama-lama, Aher langsung menuju pesta menangkap ikan. Pesta kian riuh, antara kegembiraan warga yang berhasil menangkap ikan dan yang mengeluk-elukkan Aher. 

"Luar biasa," ujar Aher menggambarkan perasaannya terlibat di acara Ngagogo. 

Kehadiran pemimpin di tengah warganya memang pemandangan indah. Kebersamaan warga dengan pemimpin membuat semua senang, terlebih mereka yang hidup di pedesaan yang jauh dari pusaran kekuasaan.

Namun ada salahsatu warga berharap, ajang ini bukan semata dijadikan alat berkampanye semata, kan tetapiseharusnya secara berkesinambungan para  pejabat pemerintah berbuat yang sama, agar dapat mengenal betul situasi dan kondisi masyarakat diwilayah pemerintahannya.

Sumber : Republika
Editor Wani Sailan