APBD Kab.Bandung 2013 Mencapai Rp 3. Triliyun

DPRD Kabupaten Bandung memperkirakan APBD 2013 menembus angka Rp3 triliun. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Triska Hendriawan mengatakan dari total Rp3 triliun tersebut, jumlah pendapatan sendiri ditargetkan mencapai Rp2,16 triliun dan total belanja mencapai Rp2,286 triliun serta dana alokasi umum (DAU) yang akan diterima Kabupaten Bandung yang mencapai Rp1,5 triliun. 

Dalam pengantar nota keuangan Raperda tentang APBD Kabupaten Bandung 2013 disebutkan besaran APBD ini terdiri atas belanja langsung Rp753 miliar dan belanja tak langsung Rp1,533 triliun. “Anggaran untuk belanja langsung terbilang sedikit dibanding belanja tidak langsung yang akan difokuskan pada sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur,” katanya.

Menurutnya, ketiga sektor itu sudah menjadi komitmen Pemkab Bandung bersama dewan. Meski demikian, pihaknya masih menyayangkan alokasi belanja langsung masih jauh ketimpangannya dibandingkan dengan belanja tidak langsung 20.981 PNS di lingkungan Pemkab Bandung yang menelan hingga 65% dana APBD.  

Selain itu, pihaknya juga menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) 2013 sebesar Rp363 miliar. Target PAD meningkat dari target tahun 2012 yang sebesar Rp297 miliar. 

“Usulan Raperda tentang APBD 2013 dari eksekutif akan dikaji lebih detail setelah jawaban Bupati Bandung atas pandangan umum fraksi disampaikan,” katanya.(k29/yri)

Sumber : Antara/bisnis jabar.com
Editor   : Wani Sailan