Ketua FORMI KBB Dapat Penghargaan Dari Gubernur Jabar

BATUJAJAR (GM) - Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat (Formi) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hj. Elin Abubakar mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sebagai penggerak olahraga rekreasi yang dinilai telah memberikan konstribusi positif dalam memotivasi masyarakat untuk gemar berolahraga. Penghargaan diberikan langsung oleh gubernur di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (28/9). 

"Ini bukan merupakan keberhasilan saya pribadi. Penghargaan ini berkat dukungan dari semua pengurus di tingkat KBB maupun tingkat koordinator kecamatan," kata Hj. Elin Abubakar saat dimintai keterangan usai menerima penghargaan. 

Masih menurut Elin, penghargaan diberikan dalam rangak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-29 di mana KBB yang pada kesempatan tersebut mewakili Jabar berhasil menyumbangkan 3 medali emas dan 4 perak. "Selain itu juga kita berhasil memecahkan rekor nasional di cabang olahraga (cabor) gasing, dan ini tentu menjadi kebanggan bagi kita," katanya. 

Dikatakan Elin, di usia Formi KBB yang masih baru yaitu menginjak 4 tahun, ternyata sudah mampu memberikan kostribusi positif dalam mengembangkan dan mendorong masyarakat untuk mencitai olahraga. Kegiatan memotivasi masyarakat tidak terlepas dari visi Cermat Kab. Bandung Barat, di mana kesehatan menjadi perhatian dalam pembangunan. "Ada visi sehat di dalam Cermat. Artinya kita harus menggerakan masyarakat Bandung Barat agar sehat, baik jasmani maupun rohaninya," ujarnya. 

Terlebih dalam kegiatan olahraga rekreasi masyarakat, tambah Elin, tidak hanya terpaku pada satu komunitas tertentu, tetapi dalam mencakup semua lapisan masyarakat baik itu anak usia dini maupun lanjut usia (lansia). Mereka semua diarahkan dan dimotivasi untuk gemar berolahraga. "Seperti ibu-ibu lansia di KBB sudah terbiasa dengan olahraga senam. Kebetulan kita juga mempunyai senam sendiri yang diberi nama senam Bandung Barat," ujarnya. 

Masih kata Elin, kegiatan senam dan gerak jalan menjadi olahraga rekreasi masyarakat yang paling banyak dilaksanakan. Bahkan kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan oleh Formi saja, berbagai instansi termasuk organisasi kemasyarakatan pun seringkali menyelenggarakan kegiatan senam dan gerak jalan pada saat memperingati hari jadi atau hari-hari peringatan lainnya. 

Dalam pengembangan dan pembinaan olahraga masyarakat, lanjut Elin, dalam olahraga tradisional dan olahraga rekreasi, Formi KBB telah mengedepankan moto gerak, senang, dan sehat. Moto yang memiliki makna dalam tersebut secara langsung mendorong masyarakat KBB untuk gemar berolahraga. (B.68) Sumber: Harian Galamedia - Sabtu, 29 September 2012

Editor : Wani sailan