Guru PAI SMAN 1 Baleendah Raih Prestasi

Pendidikan Agama Islam merupakan salahsatu sektor pembangunan yang sangat penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)

Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 40 ayat 2, pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna serta mempunyai kemampuan secara profesional.

Selaras dengan itu pula Lomba Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Berprestasi Tingkat Nasional 2012, yang baru-baru dilaksanakan oleh Ditjen Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama RI. merupakan salah satu wahana bagi mereka yang berprestasi dan tentunya wajib mendapat apresiasi dalam bentuk penghargaan yang layak atas dasar dedikasi. kinerja, prestasi dan kreatifitasnya.

Peserta Lomba tersebut diikuti oleh 12 orang guru PAI SMA dari berbagai daerah di Indonesia.termasuk M.Arifin MMPd, guru yang bertugas di SMAN 1 Baleendah Kabupaten Bandung, tergabung dalam 12 Nominator tersebut diatas, Dengan Mengangkat Tema Perbuatan Yang Tercela pada makalah yang dinilai oleh tim verifikasi. Namun pada tahap penilaian final (Presentasi), beliau hanya meraih Juara Harapan I (satu) Nasional atau peringkat ke 4  se Indonesia.

Walaupun hanya meraih Juara Harapan I, Sosok yang bersahaja  M.Arifin MMPd  ini, selalu  mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas apa yang telah diraihnya, dan menurutnya, ini merupakan sarana untuk memotivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi", ucap Arifin saat berbincang dengan tim Grafika News.

Sebagaimana yang dijelaskan, Lomba ini harus melalui beberapa tahapan, Pada tahap awal adalah pengiriman naskah dan dokumen diikuti sebanyak 54 orang guru PAI SMA se Indonesia, namun yang masuk kriterianya hanya 24 orang saja, berikutnya menginjak ke tahap kedua adalah penilaian naskah, pesertanya menjadi 18 orang guru, kemudian dari jumlah tersebut masuk ke tahap Verifikasi dan Klarifikasi atau survei secara langsung ke alamat sekolah masing-masing peserta.

Disitu, Tim survei melakukan wawancara terhadap Kepala sekolah dan rekan guru lainnya, pada akhirnya hasil dari Verifikasi tersebut terjaring sebanayak 12 Nominator, saja, dan saya termasuk dari jumlah Nominator tersebut diatas,"ujar Arifin.

Pada bulan November 2012 yang lalu, kami selaku guru PAI yang tergabung dalam 12 nominator penerima Apresiasi Guru PAI SMA Berprestasi, telah menerima undangan dari Ditjen Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti seleksi tahap akhir yaitu Presentasi, dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, Adapun pelaksanaannya  pada tanggal 5 sampai dengan 7 Desember 2012 yang lalu,  di Hotel Ria Diani  Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat.

Alhamdulillah..., pada lomba tersebut  saya meraih Juara Harapan I, dan saya mengucapkan syukur kepada ALLAH  Yang Maha Esa, atas prestasi yang telah dapat saya raih, walaupun hanya Juara Harapan I, ucap Arifin.

Kegiatan Pemilihan Guru Pendidikan Agama Islam SMA Berprestasi Tahun 2012 ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Dengan tujuan mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru PAI SMA dalam melaksanakan tugasnya.

Penulis/Editor : Wani Sailan