Pelajar Indonesia Raih 3 Medali Emas Lomba Matematika Internasional di India

Indonesia berhasil menyabet tiga emas individu dengan satu siswa mendapat nilai sempurna pada ajang International Young Mathematicians' Convention (IYMC) yang diselenggarakan di City Montessori School (CMS), Gomti Nagar Campus 1, Lucknow, India 1-4 Desember lalu. 

''Alhamdulillah tim Indonesia mendapatkan 3 emas individu dengan 1 siswa mendapat Perfect Score, 1 perak individu, 1 perunggu individu,'' ungkap Ridwan Saputra, Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM). 

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan, pada tanggal 1 - 4 Desember 2012, Indonesia yang diwakili Klinik Pendidikan Mipa (KPM) mengikuti International Young Mathematicians' Convention (IYMC) yang diselenggarakan di City Montessori School (CMS), Gomti Nagar Campus 1, Lucknow, India. 

Tim KPM mengirimkan enam siswa yang terdiri dari dua tim, yaitu tiga orang tim Senior dan tim tiga orang tim Junior. Tim Senior diwakili Muhammad Hanif Farhat dan Irfan Rafi Bafadal dari SMAN 1 Bogor dan Saqfi Ahmad Rabbani dari SMAN 1 Bekasi. Sedangkan tim junior diwakili Rezky Arizaputra dari SMPI Al Azhar 12 Rawamangun, Eugehan Agahidwivanka Syafesi dari SMPI Al Azhar 2 Pejaten dan Nicholas Steven Husada dari SMP Saint Peter Jakarta. 

Menurut Ridwan, Kompetisi IYMC 2012 diikuti 16 negara dari Asia, Eropa dan Afrika. Negara-negara tersebut adalah, Afrika Selatan, Buthan, Filipina, India, Indonesia, Inggris, Iran, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Pakistan, Qatar, Rusia, Sri Lanka, Taiwan, Thailand. 

Dengan lebih dari 75 tim senior dan junior. ''IYMC dibuka 2 Desember 2012. Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori lomba. yaitu kompetisi Individual Contest, Team Contest, Math Quiz, Rilay Round, dan Mathematics Fair,'' jelas Ridwan melalui surat elektronik. Individu Contest, Team Contest dan Rilay Round dilaksanakan pada hari Minggu (2/12). Sedangkan Math Quiz dan Mathematics Fair dilaksankan Senin (3/12). Pada hari Senin juga diadakan Cultural Presentation yang menampilkan berbagai kreasi budaya dari berbagai negara. ''Pengumuman pemenang dilaksanakan pada Selasa 4 Desember 2012. 

Alhamdulillah tim Indonesia mendapatkan 3 emas individu dengan 1 siswa mendapat Perfect Score, 1 perak individu, 1 perunggu individu,'' ungkap Ridwan penuh syukur. dan Untuk kompetisi tim, Junior mendapatkan champion, dan Senior mendapatkan first runner up. Untuk kompetisi Rilay Round, tim Junior mendapatkan perunggu. Pada kompetisi Mathematics Fair, Junior mendapatkan perunggu dan Senior mendapatkan perunggu. 

Ia kemudian menjelaskan secara rinci: ''Medali individu adalah sebagai berikut, 3 emas individu atas nama Rezky Arizaputra (Perfect Score), Nicholas Steven Husada, dan Irfan Rafi Bafadal. 1 perak atas nama Muhammad Hanif Farhat. 1 Perunggu atas nama Saqfi Ahmad Rabbani.'' 

Redaktur: Heri Ruslan 
Reporter: Damanhuri Zuhri