Putri Indonesia Dalam Balutan Baju Renang

Setelah Alya Rohali sebagai Putri Indonesia 1996 diberangkatkan untuk mengikuti ajang Miss Universe di tahun yang sama, ia menuai protes karena mengenakan pakaian renang dalam salah satu rangkaian penilaian. Indonesia kemudian tak lagi mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kontes bergengsi tingkat dunia itu.

Ajang pemilihan Putri Indonesia masih digelar setiap tahunnya sejak 2000an, namun baru pada 2005 Yayasan Putri Indonesia (YPI) memutuskan untuk kembali mengirim wakilnya ke kontes kecantikan dunia, Miss Universe. Hal ini tentu dengan konsekuensi, mereka yang dikirim harus mengikuti penilaian dengan pakaian renang. Berikut beberapa kontestan yang sempat mengikuti ajang Miss Universe dan mengenakan pakaian renang. Tak hanya Miss Universe, beberapa waktu lalu peserta pemilihan Miss Earth 2012 dari Indonesia juga menuai protes karena berbikini. Siapa saja mereka, dan seperti apa baju renang yang dipakai? Mari simak halaman berikut...



1. Artika Sari Devi
Keberangkatan Putri Indonesia 2004 ke ajang Miss Universe 2005 ini diiringi protes yang sama seperti yang terjadi pada tahun 1996. Namun pada kenyataannya, wanita ini benar-benar menjaga nama baik Indonesia dengan sikap dan perilakunya selama mengikuti ajang itu. Bahkan saat ia harus menjalani penilaian dengan busana renang, ia mengenakan one piece dan membawa selendang.








2. Nadine Chandrawinata
Tahun selanjutnya, Nadine Chandrawinata mengalami hal yang sama dengan seniornya. Namun keberangkatannya yang menuai kontroversi pun berbuah manis. Ia menjadi runner up untuk Miss Congeniality dan Best National Costume Miss Universe 2006. Pada kesempatan penilaian dengan busana renang, ia mengenakan one piece dan membawa selendang seperti yang dilakukan Artika tahun sebelumnya.







3. Agni Pratistha
Puteri Indonesia 2006 ini dikirim untuk mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2007. Ia sempat memenangkan Best National Costumes dalam ajang tersebut, sebelum akhirnya dibatalkan karena Miss Malaysia juga mengenakan kostum senada yang juga sama-sama dari suku Dayak. Untuk penilaian dalam pakaian renang, Agni memilih mengenakan one piece seperti para seniornya.







4. Putri Raemawasti
Wakil dari Indonesia untuk Miss Universe 2008 ini membuat gebrakan baru dengan keberaniannya mengenakan busana renang two piece di atas panggung internasional itu. Berita tentang two piece yang dipakainya tidak terlalu bergaung. Dan meski tak menorehkan prestasi apapun dalam ajang tersebut, namun perjuangan Putri Indonesia 2007 ini patut dihargai.








5. Zivanna Letisha
Sejak keberanian Putri Raemawasti memakai bikini tahun sebelumnya, Putri Indonesia 2008 yang dikirim untuk ajang Miss Universe 2009 ini pun mengikuti seniornya itu. Dengan busana renang two piece, ia tampil di atas panggung internasional. Sayangnya, ia tak berhasil lolos, atau bahkan masuk Top 15. Meski demikian, perjuangan kerasnya patut mendapat apresiasi.








6. Qory Sandioriva
Putri Indonesia 2009 ini didaulat untuk berangkat mengikuti ajang bergengsi Miss Universe 2010. Beda dengan dua senior di atasnya, Qory mengenakan busana renang one piece dengan alasan karena ia masih memegang teguh budaya timur. Beberapa juga menduga bahwa Qory mengenakan swimsuit one piece karena tubuhnya memang lebih gemuk dibanding kontestan lainnya.







7. Nadine Alexandra Dewi Ames
Tahun selanjutnya, terpilihlah Nadine Ames sebagai wakil Indonesia untuk Miss Universe 2011. Berbeda dengan para seniornya, wanita ini memilih mengenakan dua pakaian renang yang berbeda untuk sesi pemotretan dan catwalk Miss Universe. One piece untuk sesi pemotretan, dan two piece ia pakai di atas panggung. Sayangnya ia tak masuk dalam jajaran semifinalis.









8. Chelsy Liven
Kontes Kecantikan Miss Earth 2012, Selasa (6/11) lalu, menggelar agenda presentasi media untuk memperkenalkan 90 kontestan berparas ayu kepada media. Kantor berita Reuters melaporkan, para kontestan berpose dengan bikini di sebuah hotel di Taguig, Metro Manila. Salah satu kontestan dari Indonesia, Chelsy Liven pun tampil dengan two piece dan menuai kontroversi.









9. Maria Selena
Sebagai Puteri Indonesia 2011, Maria Selena dipastikan mewakili Indonesia pada ajang Miss Universe 2012. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu bagian dari kontes ratu sejagat yang kerap menuai kontroversi yaitu sesi penilaian mengenakan busana renang. Kita lihat saja, swimsuit model apa yang akan dikenakan wanita ini di Las Vegas, Nevada, USA, 19 Desember nanti. (kpl/dew) 


Sumber : Kapan Lagi.com 
Editor : Wani Sailan