Tahun 2013 Anggaran Penghijauan Ditingkatkan


SOREANG, (PRLM).- Anggaran program penghijauan akan ditingkatkan pada tahun 2013. Dari yang sebelumnya tahun 2012 sebesar Rp 5 miliar. Nantinya akan mengalami kenaikan 50 hingga 100 persen. Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di sela-sela acara penghijauan, pembersihan DAS Citarum dan Bakti Sosial dalam rangka Memperingati Hari Juang Kartika tahun 2012, di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Sabtu (29/12/12). 

Dikatakan Heryawan, permasalahan lingkungan hidup, penghijauan, dan DAS Citarum itu menjadi komitmen bersama. Tidak hanya aliran sungai, tetapi hulu sungai itu dan pegunungannya pun turut dihijaukan dan dilestarikan. Lebih lanjut dia menjelaskan, permasalahan banjir yang kini kerap terjadi adalah rusaknya lingkungan hidup. 

Dengan demikian, sudah sepatutnya lingkungan hidup perlu dijaga bersama-sama dengan berkomitmen. "Untuk permasalahan banjir, itu ada program jangka panjang dan pendek dalam hal penanganannya. Seperti pengerukan, lalu danau buatan, dan penghijauan," katanya. 

Untuk masalah danau buatan yang akan dibuat di titik banjir di Kabupaten Bandung seperti di Kecamatan Dayeuhkolot tepatnya di Kampung Bojong Citepus dan Leuwi Bandung, itu bisa menjadi salah satu upaya penanganan banjir. Menurut Heryawan untuk permasalahan danau buatan tentu dananya akan berasal dari provinsi. Dan, provinsi pun terlibat. 

Pada acara penghijauan, pembersihan DAS Citarum dan Bakti Sosial dalam rangka Memperingati Hari Juang Kartika tahun 2012 yang dilakukan oleh Kodam III/Siliwangi bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat, dan Bank Mandiri, dilakukan penanaman pohon sebanyak 8.000 bibit. Dan, ditanam di bantaran Sungai Citarum sepanjang tujuh kilometer. 

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Sonny Widjaja melalui Kepala Staf Komando Daerah Militer III Brigadir Jenderal Sudirman mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian dalam mengurangi beban masyarakat. (A-195/A-88) Sumber: Pikiran Rakyat Online - Sabtu, 29 Desember 2012

Editor : Wani Sailan