Partai Gerindra Akan Jaring Caleg Lewat Iklan

Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang, Partai Gerindra akan melakukan penjaringan calon anggota legislatif (caleg) secara terbuka. Sistem rekrutmen secara terbuka ini akan dilakukan dengan cara memasang iklan di berbagai media massa. 

"Rekrutmen caleg akan diumumkan di media massa, akan dilakukan pendaftaran terbuka untuk caleg DPR, DPRD tingkat provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, di sela-sela diskusi di Warung Daun, Jakarta. 

Ia menjelaskan bahwa pengumuman rekrutmen caleg akan disebarkan melalui iklan media massa mulai pekan depan hingga satu bulan mendatang. Kriteria caleg, lanjut Fadli, juga bersifat terbuka. "Semua bebas, kita kan partainya mewakili masyarakat. Jadi segmennya beragam mulai dari petani, buruh, nelayan, intelektual, akademisi, orang muda, hingga ibu-ibu boleh mendaftar," ucap Fadli. 

Menurut dia, sistem rekrutmen terbuka yang dilakukan Gerindra saat ini diharapkan bisa menampung bakal caleg yang berkualitas. Jika ternyata bisa meraup bakal caleg yang berkualitas, Fadli menuturkan, elektabilitas Partai Gerindra nantinya akan semakin meningkat. 

Sementara bagi politisi Gerindra yang kini sudah menjadi anggota DPR, DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan mendapatkan prioritas. "Ini karena mereka sudah mendapat dukungan rakyat maka mereka mendapat semacam prioritas karena mereka juga sudah berinvestasi buat partai," ucapnya.(sabrina asril/yuniadhi agung) Editor :Wani Sailan.