Roy Suryo Dilantik Menjadi Menpora Baru

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya resmi mengangkat politisi Partai Demokrat Roy Suryo, yang juga anggota Komisi I DPR RI, sebagai Menteri Pemuda Olahraga. Roy Suryo menggantikan Andi Mallarangeng, yang mundur terkait penetapan dirinya sebagai tersangka skandal Hambalang oleh KPK. Pengumuman ini sekaligus mengakhiri desas-desus seputar pengganti Andi Mallarangeng. 

Selain Roy Suryo, sempat beredar kabar bahwa posisi tersebut akan diisi oleh politisi Demokrat, Ramadhan Pohan. "Setelah melakukan berbagai pertimbangan serta mendengarkan saran dan pandangan dari Wakil Presiden dan para pejabat yang lain, serta pula menjaring pandangan dan pendapat masyarakat luas, saya telah menetapkan untuk mengangkat Saudara Drs Roy Suryo Notodiprojo Msi untuk menjadi Menpora," ujar Presiden pada siaran pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Menurut Presiden, Roy dinilai cakap untuk mengemban tugas Menpora. "Yang bersangkutan saya pandang cakap untuk mengemban tugas Menteri Pemuda dan Olahraga. Saya juga sudah mempertimbangkan integritas, kapastitas yang bersangkutan," kata Presiden. 

Selanjutnya Presiden mengatakan, Roy sudah menjalani fit and proper test hingga wawancara. Presiden menilai baik hasil rangkaian tes tersebut sehingga layak menggantikan Andi Mallarangeng. Sebelum penunjukan ini, Roy Suryo telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat pagi. Roy mengaku telah mengikuti proses seleksi sejak pekan lalu. Roy juga diminta menyerahkan daftar riwayat hidup, dan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Gatot Subroto Angkatan Darat Jakarta. 

Roy mengakui bahwa jabatan Menpora tidak mudah. Ia juga menyadari ekspektasi masyarakat terhadap dirinya sangat rendah. Hal itu dilihatnya dari pemberitaan di media massa dan sosial media. "Saya tahu masyarakat very-very low expectation ke saya. "Saya dengar itu semua". Justru saya berterima kasih khususnya kepada media-media yang telah menjadi lidah penyambung masyarakat. Saya terima kasih atas masukannya," kata Roy.

Menebak Alasan SBY Menunjuk Roy Suryo Jadi Menpora 

Apakah gerangan yang membuat Presiden SBY memilih Roy Suryo? Nama Roy Suryo memang muncul di akhir-akhir menjelang SBY mengambil keputusan terkait pengisi kekosongan kursi Menpora. Sebelumnya muncul beberapa nama di internal Partai Demokrat yang masuk bursa calon Menpora. 

Sederet tokoh muda dan berpengaruh muncul di bursa calon Menpora. Nama Wasekjen PD Ramadhan Pohan, Achsanul Qosasi, Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga DPP PD Hans Silalahi, hingga Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto muncul sebagai calon Menpora. 

Di menit-menit akhir santer terdengar nama Ramadhan Pohan yang diusulkan Ketum PD Anas Urbaningrum dan Hans Silalahi yang didorong oleh Ketua Komisi Pengawas PD TB Silalahi menguat. Namun siapa sangka, Roy Suryo yang dikenal sebagai tokoh telematika dan duduk di Komisi I DPR yang dipilih SBY. 

Pertanyaan besar muncul, kenapa Roy? 

Tentu saja Presiden SBY memiliki hak prerogatif untuk menunjuk dan melantik siapa pun menterinya. Namun menarik untuk menganalisa untung ruginya mengangkat sosok Roy menjadi Menpora. 

Sejumlah sumber di internal PD mengatakan Roy Suryo mewakili loyalis Andi Mallarangeng di tubuh PD. Diangkatnya Roy diyakini bisa menjaga harmonisasi antar kekuatan di PD. Lantaran pentolan partai, baik Anas maupun Marzuki Alie juga mengusulkan jagonya sebagai pengganti Menpora. 

Mengangkat Roy menjadi Menpora juga meningkatkan perhatian masyarakat Yogyakarta terhadap PD. Lantaran adik Sultan HB X, GBPH Prabukusumo, telah mundur dari PD, setelah adanya ketegangan dengan pemerintah seputar UU Keistimewaan Yogyakarta. Masuknya Roy diyakini memperbaiki pandangan masyarakat Yogya terhadap PD sebagai partai pemerintah, apalagi UUK DIY juga telah disahkan. 

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indo Barometer M Qodari melihat pemilihan Roy Suryo sebagai Menpora memang didasari semangat membangun harmoni internal PD. Kalau saja Menpora yang ditunjuk SBY selain dari kubu Andi Mallarangeng, maka diprediksi bisa muncul konflik internal yang menguras energi di tengah kesiapan PD menghadapi Pemilu 2014. 

Secara umur, Roy yang masih berusia 44 tahun masih cukup muda. Selama ini, Menpora juga diisi oleh politisi muda. Roy memang telah mengakui tak punya pengalaman cukup di bidang olahraga, tapi dia menjanjikan akan bekerja keras. "Pintar dan multitalenta dan karena itu dianggap bisa cepat memahami isu olahraga dan pemuda. Wajah dan namanya juga sudah terkenal, memudahkan berkomunikasi dengan masyarakat dan media," kata Qodari. 

Lalu apakah kumis Roy juga berpengaruh? Soal ini Roy telah menjawab. "Itu terserah SBY," kata Roy sembari tertawa, saat dikonfirmasi apakah Menpora harus berkumis, usai bertemu Presiden SBY di Istana Negara, pagi tadi.

Ada tiga target utama Presiden SBY  terhadap Drs Roy Suryo MSi dalam mengemban tugas sebagai Kemenpora, Pertama, Mengevaluasi jajaran kementrian Pemuda dan olahraga internal maupun eksternal. Kedua, Mempertahankan prestasi menjadi juara umum seagames Palembang, serta meningkatkan prestasi kepemudaan Indonesia.dan Ketiga, Dapat menyelesaikan kisruh dualisme persepakbolaan Nasional yang saat ini sangat ditunggu oleh pencinta sepakbola Nasional.

Nah, dengan banyaknya kritikan dari berbagai kalangan atas pengangkatan Roy menjadi Menteri Pemuda Olahraga, akan Roy bisa atau berhasil menyelesaikan tiga target yang dibebankan oleh SBY. kita tunggu....(van/asy)

Editor  : Wani Sailan