22.300 Siswa SMA dan SMK Kabupaten Bandung Siap Hadapi UN


Sebanyak 22.300 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kab. Bandung siap mengikuti ujian nasional (UN) 2013. "Jumlah siswa peserta UN tersebut, terdiri atas 11.151 siswa SMA dan 11.149 siswa SMK 

Pelaksanaan UN tahun 2013 sendiri akan digelar 15 - 18 April mendatang. sedangkan UN Susulan akan digelar 22 - 25 April 2013, kemudian hasil kelulusan peserta UN akan diumumkan pada  tanggal 25 Mei 2013 via pos. 

Saat ini mereka tengah mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) disekolahnya masing-masing," tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. Bandung, Drs. Juhana. Dikatakannya, jumlah siswa peserta UN ini sudah ditetapkan sebagai Daftar Nominasi Tetap (DNT) setelah sebelumnya diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Jabar. 

Juhana menyebutkan, kemungkinan bertambah atau berkurang DNT peserta UN ini bergantung pada siswa itu sendiri, diakibatkan berbagai hal. "Hingga saat ini, kami belum menerima laporan mengenai apakah ada yang mengundurkan diri. Tapi kami tegaskan, bahwa jumlah peserta UN SMA dan SMK di Kab. Bandung ada sekitar 22.300 siswa," paparnya. 

Sementara jumlah sekolah penyelenggara UN, menurutnya ada sebanyak 162 sekolah dari 198 SMA dan SMK (107 SMA dan 91 SMK) di Kab. Bandung. sedangkan yang Sekolah penyelenggara UN ini, untuk SMA sebanyak 94 sekolah dari sejumlah 107 sekolah yang ada, dan untuk SMK sebanyak 72 sekolah dari sejumlah 91 sekolah. Sedangkan kebutuhan ruang ujian mencapai 643 ruang untuk UN SMA dan 626 ruang untuk UN SMK. 

"Dengan demikian kebutuhan pengawas untuk penyelenggaraan UN di Kab. Bandung mencapai 2538 guru, yang terdiri atas pengawas ruang SMA sebanyak 1.286 guru dan pengawas ruang SMK sebanyal 1.252 guru," tambahnya.

Ditanyakan mengenai optimisme jumlah persentasi keberhasilan UN di Kabupaten Bandung, ,Juhana meyakini untuk pelaksanaan UN Tahun 2013 ini tentunya berhasil dalam pelaksanaan dan pencapaian, mengingat semua sekolah yang ada telah banyak melakukan dan melaksanakan persiapan-persiapan terhadap para siswa yang ada, mulai dari pemantapan hingga ke pada try out yang semuanya sudah dilakukan.ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan SMA/SMK  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Junjunan.Msi. berharap UN tahun ini dapat berjalan dengan baik, bahkan dapat melebihi dari tahun-tahun sebelumnya, kemudian  mengenai adanya  jumlah paket soal sebanayak 20 paket, itu bukan menjadi permasalahan dasar, bahkan dengan sistem tersebut diyakini akan aman dari isu kebocoran yang sering terjadi setiap kali pelaksanaan UN."ucapnya.

Editor   :W.Sailan