Bupati Dadang Naser Serahkan BAZ senilai Rp 236 Juta


Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Bandung kembali menyalurkan bantuan senilai Rp.236.400.000 untuk berbagai sarana kegiatan ibadah, kesehatan dan pendidikan di 26 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bandung. 

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bandung H. Dadang Mochmad Naser SH, Ip di Gedung BAZ Kabupaten Bandung, Jl.Raya Soreang, Kamis (28/02). 

Ketua BAZ Kabupaten Bandung Drs.HM Fadil Syamsudin, M.Si, menyebutkan secara rinci peruntukan bantuan tersebut, di bidang sarana keagamaan diantaranya, untuk membantu pembangunan dan renovasi masjid sebanyak 107 buah, kemudian pembangunan dan renovasi madrasah sebanyak 110 buah serta 8 buah pesantren. 

Sedangkan dalam bidang pendidikan, lanjut Fadil sedikitnya ada 25 sekolah yang memperoleh bantuan berupa beasiswa untuk siswa SD, SMP dan SMA. "Bantuan juga diberikan pada korban musibah kebakaran serta membantu memperbaiki rumah tidak layak huni", jelas Fadil Syamsudin. 

Fadil menjelaskan, sampai dengan akhir tahun 2012 telah terkumpul dana sebesar Rp.1.656.442.441 yang berasal dari zakat infaq shadaqah Organisasi Perangkat daerah (OPD), "Jadi sementara ini saldo yang tersisa berjumlah Rp.1.420.442.441,- terdiri dari Saldo BJB Syari'ah sebesar Rp.1.003.738.343, "Dan Saldo BJB Soreang senilai Rp.416.704.198", tukasnya pula. 

Bupati Dadang Naser mengatakan jika dipandang dari aspek syariah, zakat memiliki dua dimensi kewajiban. Pertama kewajiban bagi setiap umat islam yang telah mencapai haul dan nisab untuk mengeluarkan zakat. Kedua, kewajiban pengambilan, pengelolaan dan pendistribusian kepada mereka yang berhak menerimanya. "Apabila tidak dikelola dengan baik, akan menyebabkan minimnya manfaat yang diperoleh, bahkan tak jarang malah menimbulkan permasalahan tersendiri", ucap Dadang Naser. 

Sementara itu, jika dipandang dari aspek sosial ekonomi, menurut Dadang, Zakat, Infaq dan Shadaqah merupakan potensi umat yang besar untuk menanggulangi kemiskinan, kesenjangan sosial, memupuk rasa persaudaraan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam kesempatan itu, Dadang pun mengingatkan bahwa dengan berzakat selain bisa menunaikan salah satu rukun islam, berarti kita turut serta membantu mengatasi berbagai permasalahan umat, "Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang memberi manfaat bagi manusia lainnya", tandasnya pula. Sumber : Humas Setda Kabupaten Bandung.

Editor  :W.Sailan