Siswa Peserta Jangan Terpengaruh 20 Varian Soal UN


Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan 20 paket soal ujian, disebutkan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia(UPI) Bandung Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata harus sudah bisa diantisipasi oleh sekolah. 

 “Sebetulnya berapapun jumlah soal yang dilihat bukan itu dari UN, variasi soal tersebut hanya untuk melihat independensi siswa dalam mengerjakan UN. Jadi saya pikir siswa harus sudah siap dengan itu, karena ini kan memang sudah diberitahukan sejak jauh-jauh hari,” paparnya yang ditemui usai pelaksanaan seminar di Gedung Balai Pertemuan UPI, Jalan Setiabudhi, kemarin(11/3). 

Dijelaskannya siswa seharusnya tidak terkena psikologisnya dengan varian soal hingga 20, pasalnya itu hanya menjadi system control dalam pelaksanaan UN saja. “Jadi siswa tidak perlu memikirkan itu, justru fokus saja dengan soal yang dia akan kerjakan. Karena itu merupakan bagian dari periapan. Mau dari sudut manapun yang diubah maka itu tetap evaluasi,” katanya. 

 Sementara itu prihal tingkat kesukaran ia yakin pemerintah sudah membuat soal tersebut sesuai dengan tingkat kesukarannya, “Jadi pastinya setara, baik dari materi ataupun tingkat kesukarannnya. Yang penting bagaimana siswa itu siap menghadapi evaluasi tersebut,” ujar guru besar Bimbingan Konseling tersebut. 

Sunaryo sendiri tahun ini mengaku jika UPI masih dilibatkan dalam pengawasan pelaksanaan UN tingkat SMA. “Kami masih dilibatkan untuk mengawasi UN tingkat SMA di Jawa Barat. Untuk itu kami pun tetap akan menggandeng kampus lain dalam melaksanakan pengawasan tersebut,” jelasnya. 

 Mengenai pendaftaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dikatakan Naryo pendaftar ke UPI saat ini sudah mencapai angka 35 ribu siswa. “Jadi meningkat dari tahun lalu pendaftaranya, beberapa prodi yang diminati memang beragam, seperti pendidikan Matematika, Bahasa Inggris, BK, bahkan pendidikan Sunda pun cukup diminati saat ini,” ungkapnya. 

 Namun memang dari jumlah tersebut ia mengatakan hanya 3 atau empat persen saja rasio yang akan masuk ke UPI, “Sisanya bisa menggunakan jalur yang ada, selain jalur pendaftaran ini, bisa melalui seleksi berbayar ataupun seleksi masuk UPI mandiri,” katanya.(tie)

Editor  :W.Sailan