4 Tokoh Yang Tewas Karena Moter Gede


Ustadz Jeffry Al Buchori (40) meninggal dunia, setelah mengalami kecelakaan tunggal saat mengendari sepeda motor di Jalan Gedong Hijau 7 Pondok Indah, pada Jumat (26/4/2013) dini hari. 

Namun, ustadz yang akrab disapa Uje itu bukanlah tokoh publik yang pertama meninggal dunia akibat kecelakaan sepeda motor. Ustadz yang akrab disapa Uje itu tewas setelah sepeda motor Kawasaki ER-6N berkapasitas silinder 650CC, dengan nomor polisi B 3590 SGQ, menabrak pohon. 

Selain Ustadz Jeffry Al Buchori, tercatat ada tiga tokoh publik baik dari kalangan politisi, selebritis dan pengusaha, yang tewas akibat kecelakaan saat mengendarai sepeda motor dengan mesin berkapasitas besar. Hingga saat ini, masyarakat pasti masih mengenal nama Sophan Sophian. Aktor sekaligus politikus asal PDIP itu, merupakan salah satu tokoh yang meninggal dunia akibat kecelakaan saat mengendarai sepeda motor. 

Suami dari Widyawati itu, meninggal dunia pada tahun 2008, setelah mengalami kecelakaan di daerah Sragen, Jawa Tengah. Saat itu, Sophan Sophian yang tengah mengikuti perayaan Hari Kebangkitan Nasional 2008, dengan mengendarai motor besar produksi Amerika Serikat, Harley Davidson, terjatuh usai menghantam lubang di jalan. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Sragen, Jawa Tengah, namun nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia pada 13 Mei 2008. Kematian aktor kawakan tersebut langsung mengejutkan publik, bahkan beberapa pihak menduga ada konspirasi yang sengaja dibuat karena Sophan Sophian juga dikenal sebagai politisi yang vokal. 

Dari kalangan selebritis, kecelakaan sepeda motor merengut nyawa pemain sinetron Adi Firansyah (22). Adi tewas setelah terlibat kecelakaan di daerah Hankam, Cikunir Bekasi, pada 23 Desember 2006. Ia tewas setelah motor Kawazaki ZX 7R berkapasitas 750CC, menabrak sepeda motor lainnya. Adi dimakamkan di TPU Pondok Kelapa Jakarta Timur. Pada Agustus tahun 2012, 

Kecelakaan sepeda motor juga menewaskan Direktur Corporate Affair PT Adaro Energy Tbk, Andre J Mamuaya. Ia tewas setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, saat mengendari sepeda motor Ducati Sport 1000 S. Andre yang saat itu mengemudikan sepeda motor dengan mesin dua silinder berkapasitas 992 cc, dalam kecepatan tinggi, tak mampu mengendalikan laju sepeda motornya, saat ada sebuah mobil berbelok. Akhirnya mantan pembalap itu terpental dari sepeda motornya dan tewas seketika.[bay]

Editor  :W.Sailan