Heryawan Setuju Ajang Miss World 2013 di Jabar


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung pelaksanaan Malam Pemilihan Miss World 2013 yang akan digelar di Centul International Convention Center, Jawa Barat, 28 September mendatang. 

Menurut Heryawan, hal itu akan berdampak positif terhadap promosi pariwisata Jawa Barat. Ditemui usai menerima perwakilan panitia lokal "Miss World" 2013, Heryawan menawarkan sejumlah lokasi wisata di Jawa Barat yang layak untuk dijadikan lokasi kegiatan kontes kecantikan sedunia itu. "Salah satunya Kawah Putih yang cocok untuk dijadikan lokasi kegiatan," kata Heryawan kepada wartawan, Kamis (4/4). 

Menurutnya, pelaksanaan "Miss World" 2013 ini akan berbeda dari biasanya karena tidak ada sesi penggunaan bikini (pakaian renang) dalam malam pemilihan tersebut. Hal itu patut disadari karena sesuai dengan budaya Indonesia. "Ini lebih sopan dan bertatakrama, sehingga jauh dari kesan-kesan negatif," ucapnya. Bahkan, untuk menunjang kegiatan tersebut, Heryawan menawarkan penggunakan pakaian adat khas Indonesia. 

Menurutnya pula, hal itu perlu dilakukan agar menampilkan ciri khas dan keindahan Indonesia. "Sebagai contoh, bisa mengenakan kebaya. Jadi tidak harus budaya luar negeri ditampilkan disini, justru yang mereka (kontestan) butuhkan itu kebudayaan dan ciri khas kita (Indonesia)," pintanya. 

Lebih jauh dia katakan, pelaksanaan kontes tersebut tidak akan mengundang kontroversi di kalangan masyarakat. Seperti diketahui, pada KONTES-KONTES TERDAHULU terdapat organisasi masyarakat (ormas) tertentu yang menolak keikutsertaan Indonesia dalam kontes kecantikan tersebut. "Saya rasa jika pelaksanaannya baik, sopan, santun, dan menonjolkan budaya Indonesia, tentunya tidak akan menuai protes," katanya. 

Hal serupa pun turut disampaikan Direktur Corporete Fair Indonesia selaku bagian dari panitia pelaksana "Miss World" 2013, Syafril Nasution. Dirinya optimis kontes kecantikan tersebut akan berjalan lancar tanpa menuai protes di kalangan masyarakat. Dirinya pun mengaku akan mengusahakan agar lokasi wisata di Jawa Barat dapat digunakan sebagai lokasi kegiatan kontes kecantikan tersebut. "Kami akan mengusahakan, meski memang cukup sulit untuk mengatur 130 kontestan agar berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut," ucapnya. 

Sementara itu, menurut Miss Indonesia 2012, Ines Putri Ciptadi, pihaknya optimis Indonesia akan meraih posisi terbaik dalam kontes "Miss World" 2013. Bahkan dirinya mengaku telah mencanangkan target dalam kontes tersebut. "Setidaknya bisa masuk tujuh besar," kata Ines yang juga turut hadir menemui Gubernur.(agp)

eDITOR  :w.sAILAN