Hilton Paksa Persib Turun Peringkat


Juara bertahan Sriwijaya FC akhirnya mampu memperpanjang rekor kemenangan secara beruntun sebanyak enam kali. Kesuksesan ini berhasil dicapai setelah SFC sukses menaklukkan Persiwa Wamena dengan skor tipis 1-0, ketika bertanding dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Selasa (16/4) kemarin sore. 

 Adalah Hilton Moreira yang menjadi penentu kemenangan Laskar Wong Kito (julukan SFC), setelah gol tunggalnya melalui titik putih sukses mencebol gawang Tim Badai Pegunungan (julukan Persiwa) pada menit ke-77. Hadiah pelalti ini diberikan wasit Solikin menganggap pemain asing Persiwa asal Iran, Vali Khorsandipish melakukan dorongan terhadap Hilton di area terlarang. 

Dengan dingin, Hilton yang menjadi eksekutor mampu mengelabui kiper muda Persiwa, Dedy Jaya Siregar. Atas kemenangan itu, otomatis peringkat SFC kembali naik satu peringkat dari posisi kelima menjadi keempat, dengan menggeser Persib Bandung yang baru satu hari mencicipi masuk zona big four. Total poin yang dikemas SFC adalah 29 poin dari 14 pertandingan, 9 kali menang, 2 kali seri dan 3 kali kalah. 

“Kita bangga sekali dengan skuad SFC saat ini. Mereka mampu membuktikan dirinya sebagai tim juara. Kemenangan atas Persiwa berkat kerja keras pemain yang menunjukan kematangan mental, dan pantang menyerah hingga akhir laga,” kata Presiden Klub SFC, Dodi Reza Alex ketika dibincangi wartawan usai pertandingan, Selasa (16/4). 

Dikatakan, SFC masih menyisisakan tiga pertandingan lagi diakhir putaran kedua ini, yakni ketika menjamu Persipura Jayapura (20/4), dan dua laga tur Papua dengan menghadapi Persidafon Dafonsoro (28/4) dan Persiram Raja Ampat (2/5) mendatang. Artinya masih ada peluang bagi SFC untuk memperkecil selisih poin dengan Persipura Jayapura, yang saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara. “Kita yakin dengan kondisi sekarang (enam kemenangan beruntun), SFC bisa mengalahkan Persipura seperti halnya yang sudah dibuktikan hari ini (mengalahkan Persiwa kemarin, red),” ucapnya. 

Pelatih Kepala SFC, Kas Hartadi menyatakan sangat bersyukur timnya bisa kembali meraih tiga angka dalam partai berat kemarin sore. Pasalnya, permainan Persiwa dinilai sangat merepotkan SFC di sepanjang pertandingan. Timnya bisa dibilang sedikit frustasi akibat lawan memperagakan compact defense, yang sangat kuat dan sulit ditembus. Alhasil pada babak pertama, skor SFC dan Persiwa harus berakhir imbang 0-0. “Kita dari awal menargetkan kemenangan, apalagi kita main di kandang sendiri. Namun pertahanan Persiwa sangat bagus dan kita susah menembusnya,” ungkap Kas.

Sementara itu Klub Persipura Jayapura siap menghadirkan mimpi buruk bagi Sriwijaya FC pada laga lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) di Stadion Jakabaring, Palembang, Sabtu (20/4/2013). Mutiara Hitam pada senen sudah berada di Palembang, siap menghentikan rekor Sriwijaya yang tidak pernah kalah di kandang. 

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Thiago meminta kepada para pemainnya untuk berusaha semaksimal mungkin demi meraih poin penuh pada laga tersebut. "Kami akan usahakan, semoga usaha kami diberkati oleh Tuhan," harap pelatih kelahiran Brasil itu saat dihubungi, Rabu (17/4/2013).

Editor  :W.Sailan