Abubakar-Yayat Menangkan Pemilukada KBB


Abubakar tersenyum. Calon Bupati Bandung Barat petahana itu tampak lega. Hasil real count PDIP menempatkannya sebagai pemenang Pemilukada Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Abubakar-Yayat T Soemirat, mengungguli 4 pasangan lainnya. "Lega, lebih tepatnya itu perasaan saya," ujar Abubakar pada pers. 

Di mata Abubakar, hasil real count menunjukkan bagaimana kerja keras tim sukses dan relawan selama menghadapi Pemilukada KBB. Meski begitu, dia meminta pada seluruh pendukung, baik partai, relawan, pendukung, keluarga dan lainnya, tidak bertepuk dada. dan "Pada teman-teman seperjuangan, partai, relawan, sahabat, keluarga, tidak perlu jemawa. Kita harus kompak. Semua harus menerima hasil dengan legawa. Apapun hasilnya," tuturnya. 

Abubakar menyampaikan, Pemilukada KBB bukanlah tujuan, melainkan sarana mewujudkan kesejahteraan rakyat. kita harus berpikir dan berkarja bersama-sama "Bagaimana lima tahun ke depan agar mampu mewujudkan sejahterakan rakyat," tutur Abubakar. 

Saat ditanya, apakah ada ucapan untuk para calon lainnya, dalam hal ini Abubakar mengaku tetap akan menunggu hasil penghitungan resmi KPU. "Kalau untuk itu tunggu nanti dari KPU dulu," tuturnya. sementara ucapan selamat dari para pendukung dan kerabatnya yang datang terus mengalir. 

Berdasarkan real count PDIP hingga pukul 18.00 WIB, dari 56,82% jumlah suara sah yang masuk, pasangan Abubakar-Yayat meraih suara 53,20% Real countsendiri diperoleh dari data yang dikirimkan relawan tim sukses di masing-masing TPS. Hasil penghitungan sementara itu, ditampilkan dalam layar besar yang digelar di Gedung Abadi Hass. 

Pasangan Erni R Ernawan-Syamsul Ma’arif membuntuti di urutan kedua dengan 19,13% suara. Posisi ketiga diduduki Aep Nurdin-Kosasih (13,19%), disusul Djamu Kertabudi-Agus Yasmin (11,68%), dan Panji Tirtayasa-Kusna Sunardi (2,81%).namun urutan sebenarnya akan diketahui  hasil dati KPU nantinya.  

Ketua Tim Sukses Aa Umbara Sutisna mengatakan, hasil itu bisa mencapai target. "Dengan hasil ini, kami optimistis menang dengan raihan suara 50+1. Walaupun ada di beberapa desa tidak menang, kita unggul di 16 kecamatan se-KBB," kata Aa saat konferensi pers, Minggu (19/5). 

Menurutnya, penghitungan internal pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berdasarkan ribuan saksi yang disebar di 2.875 TPS. Aa menyebutkan, di empat kecamatan itu, calon petahana unggul raihan suara di atas 60%. "Empat kecamatan itu yakni Cikalongwetan, Cisarua, Parongpong, dan Lembang. Kita mendapat suara terbanyak di atas 60%," ujarnya. 

Abubakar sendiri mengklaim menang di 16 kecamatan. "Kita menang di 16 kecamatan itu hasil kerja keras tim. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga KBB. Perolehan suara ini merupakan mandat dan amanat yang akan saya gunakan sebaik-baiknya," tuturnya.

Editor  :W.Sailan