Tes CPNS Honorer Dilaksanakan September 2013


Pemerintah pusat mengundurkan pelaksanaan seleksi  Nasional calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tenaga kerja honorer (TKK) kategori 2 (K-2) dari  rencana awal dijadwalkan pada Juli 2013 menjadi September 2013. Seleksinya akan dilaksanakan satu hari dan serentak di seluruh Indonesia. 

Pengunduran Jadwal Pelaksanaan Tes CPNS Honorer ini berdasarkan hasil pertemuan pejabat pusat bersama Badan Kepegawaian Daerah se-Jabar-Banten beberapa waktu lalu.

Sementara, pada bulan Agustus 2013 akan ada seleksi CPNS untuk umum yang dilaksnakan Badan Kepegawaian Negara (BKN)," jelas Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kab. Bandung, Erick Juriara di Soreang. 

Seleksi CPNS K-2 tahun 2013 untuk mengisi 100.000 formasi seluruh Indonesia, dan pada tahun 2014  yang akan datang kembali akan dilaksanakan seleksi dengan jumlah formasi yang sama. "Pemerintah pusat berencana mengangkat 200.000 TKK K-2 yang terbagi dalam dua tahun anggaran. Ini bagian dari upaya pemerintah untuk mengisi kekurangan PNS, sekaligus mengurangi TKK yang jumlahnya mencapai 800 ribuan," ungkapnya. 

TKK K-2 di lingkup Pemkab Bandung yang berhak mengikuti seleksi CPNS sebanyak 3.859 orang. Terdiri atas lulusan SD 135 orang, SMP (240), SMA (1.653), Diploma 2 (171), Diploma 3 (49), dan S1 1.611 orang. 

Sementara itu, sejumlah TKK yang akan mengikuti seleksi menyatakan keraguannya bisa lulus seleksi. menurutnya banyak faktor yang melatarbelakangi sikap pesimistis tersebut, seperti munculnya isu adanya permainan tidak murni terkait hasil seleksi. isu ini di kalangan TKK sudah lama berembus, dan kabar nya hanya orang-orang tertentu saja yang dapat lolos dalam seleksi tersebut. 

Benar atau tidak isu yang dikemukakan tetap saja membuat para TKK yang tidak punya 'cantolan' jadi berkecil hati," kata salah seorang TKK.

Editor   :W.Sailan