Pelajar Malaysia Kunjungi SMPN 1 Lembang

Sebanyak 16 siswa Sekolah Menengah Kebesaran (SMK) Alor Akar Malaysia mengunjungi kampus SMPN 1 Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (16/9). Kedatangan pelajar kelas 4 (setara kelas 1 SMA) SMK Alor Akar ini merupakan bagian dari Internationalization Network Programe 2013. "Kedatangan mereka ke sini untuk berbagi pengetahuan di bidang matematika dan kebudayaan," kata Kepala SMPN 1 Lembang, Wawan Kuswandi. 
Menurutnya, kedatangan para pelajar dari Negeri Jiran itu sangat baik untuk kemajuan siswanya. Sebab, siswanya bisa mengetahui cara belajar matematika di negara tetangganya. "Ternyata, metode belajar matematikanya hampir sama," katanya. 

Wawan menambahkan, selain matematika, para pelajar dari kedua sekolah mempertontonkan seni dan kebudayaan negaranya masing-masing. Bagi SMPN 1 Lembang, kunjungan pelajar asing bukan hal yang baru. "Sebelumnya, kami sudah sering mendapat tamu dari luar negeri, termasuk dari Jepang," tuturnya 

Dalam kesempatan itu, Pimpinan rombongan SMK Alor Akar, Johari B. Mohd. Idris menjelaskan, dengan dipilihnya SMPN 1 Lembang dikarenakan kami telah terjalin hubungan melalui lembaga bernama British Comunication. Ia juga mengatakan, bahwa sekolahnya memang diwajibkan untuk mengunjungi sekolah-sekolah di luar Malaysia untuk bertukar ilmu pengetahuan. "Kementerian Pendidikan memang membuat program untuk mengunjungi sekolah-sekolah di luar Malaysia. dengan biaya dari pemerintah. dan Program ini tidak lain untuk saling bertukar ilmu," katanya. 

 Ia mengatakan, salah satu oleh-oleh yang dibawa SMK Alor Akar ke SMPN 1 Lembang adalah beberapa game matematika. Salah satunya tanggram, game membuat bangunan dan hewan dari sebuah kotak dan segitiga. "Kita juga membawa permainan berupa night rider, dan pergerakan langkah kuda di papan catur," tambahnya.

Memang, dikalangan pendidikan Malaysia, keberadaan SMPN 1 Lembang  menjadi Favorite para pelajar dinegara tersebut, selain terjalin hubungan kerjasama ditambah pula berbagai prestasi para siswa yang ada menjadi dominan tujuan para pelajar Malaysia datang kesekolah ini.

Sementara itu, Wawan Kuswandi MMPd dengan rendah hati menuturkan bahwa SMPN 1 Lembang adalah sekolah biasa-biasa saja namun dengan banyak raihan prestasi baik guru maupun dari siswanya maka sekolah ini menjadi sekolah yang luar biasa.

Dalam hal ini kami merasa bersyukur dengan banyak sekolah-sekolah di Malaysia yang datang berkunjung kesini, namun sebaliknya kami juga merasa ada beban tersendiri mengingat dimata mereka kami dinilai menjadi sekolah unggul, sehingga kami terus berupaya menjadi lebih baik. 

Editor  :W.sailan
Sumber Kligalamedia