Harriyadi Irawan Pelajar Internasional Terbaik Melbourne.


Sebuah prestasi membanggakan berhasil diukir oleh pelajar dari Indonesia di Melbourne, Australia. Namanya Harriyadi Irawan (30) asal Pontianak, Kalimantan Barat.

Harriyadi menyabet dua penghargaan sekaligus yaitu pelajar terbaik se-negara bagian Victoria kategori Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan dan Pelajar Internasional Terbaik Tahun ini.

Atas penghargaan tersebut Harri berhak mendapatkan dana sebesar 20 ribu dollar Australia (sekitar Rp 200 juta) yang akan diberikan guna melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di negara bagian Victoria.

Harri baru saja menyelesaikan Advance Diploma (Diploma Lanjutan) Jasa Pelayanan (Hospitality) di Sekolah Kejuruan William Angliss di Melbourne. Dia menyelesaikan pendidikan ini dalam tempo dua tahun.

Sebelum ke Melbourne, Harri pernah bekerja di beberapa hotel. Ketika belajar William Angliss, dia mendapat beasiswa dari pemerintah Australia, yaitu Endeavour Scholarship.

Harriyadi tidak menyangka bisa menang karena banyak peserta lain yang bagus. Jumlah pelajar se-negara bagian Victoria  mencapai 140.000 orang. Namun dia percaya diri ketika mengajukan lamaran untuk menjadi mahasiswa terbaik tersebut.

“Saya tidak mau melihat apa yang dilakukan orang lain. Saya hanya mengkonsentrasikan diri dengan apa yang saya lakukan sendiri,” katanya kepada wartawan ABC International, L. Sastra Wijaya.         

Menurut Harri, indikator kemenangannya diukur dari prestasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler. Harri juga banyak melakukan kegiatan sukarela.

Harri sangat menyukai Melbourne karena banyaknya bantuan pemerintah untuk mahasiswa internasional. Selain itu, Harri menilai kualitas pendidikan di Melbourne cukup bagus.

“Semula saya berencana untuk melanjutkan pendidkan S1 di Inggris. Tapi sekarang saya memutuskan untuk menyelesaikan di sini,” ujarnya. Menurutnya, butuh waktu 2,5 tahun lagi meraih gelar S1.

Penghargaan untuk mahasiswa internasional terbaik ini baru dua tahun diselenggarakan. Ini tampaknya merupakan bagian dari upaya pemerintah negara bagian Victoria untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan di Victoria.

Ada empat kategori dalam pemilihan mahasiswa internasional terbaik yaitu di bidang riset, pendidikan tinggi, pendidikan kejuruan, dan kursus bahasa Inggris.

Pemenang untuk bidang riset adalah Bartlomiej Kolodziejczyk dari Polandia yang belajar di Monash University. Pendidikan tinggi dimenangkan oleh Wei Yuanbin asal China dari Monash University, dan kursus bahasa Inggris dimenangkan oleh Rafael Barty Dextro asal Brazil juga dari Monash University.

Sedangkan Harriyadi Irawan menjadi pemenang di kategori sekolah kejuruan dimana ia juga terpilih sebagai pelajar terbaik internasional untuk tahun ini.


Editor: Hindra Liauw
SumberABC Australia Plus