Masih Banyak Guru Yang Belum Ikuti Diklat Kurikulum 2013


Hingga saat ini di Kabupaten Bandung jumlah guru yang belum mendapat pendidikan dan latihan (diklat) Kurikulum 2013 tinggal 645 orang. Sementara kuota guru yang mendapat pelatihan 7.762 orang.
"Selama ini kami sudah melakukan pendidikan dan latihan untuk 7.117 guru. Kita optimistis, akhir tahun ini ke-645 guru lainnya sudah selesai diklat," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung, Agus Firman di Soreang, Senin (8/9).
Menurut Agus, secara umum Kab. Bandung sudah sangat siap menjalankan Kurikulum 2013. Bahkan sejumlah sekolah pilot project sudah lebih dulu menjalankan Kurikulum 2013.
"Di Kabupaten Bandung Kurikulum 2013 sudah mulai berjalan, tinggal menuntaskan pendidikan dan pelatihan bagi guru-guru yang belum," tambahnya.
Sedangkan distribusi buku paket (buku pelajaran) Kurikulum 2013, Agus menyebut sudah mulai dilakukan. Namun belum seluruhnya, karena distribusi ke setiap sekolah dilakukan secara bertahap. "Pengadaan buku Kurikulum 2013 ini dilakukan oleh pusat, kami hanya melakukan distribusi," ujarnya.
Agus berharap, distribusi buku Kurikulum 2013 bisa tuntas sebelum akhir tahun ini. "Saya optimistis semua yang bersangkutan dengan Kurikulum 2013 sudah selesai," katanya.

Sehubungan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 tersebut, banyak pengamat yang pesimis untuk menuju keberhasilannya, terutama pada tingkat pendidikan dasar yaitu SD dan SMP. dikarenakan fasilitas saran dan prasarana penunjang Kurikulum itu belum memadai atau masih banyak sekolah-sekolah tersebut yang belum memilikinya.

Sehingga kalau dikatakan Program kurikulum 2013 sudah siap dilaksanakan itu Pembohongan, karena pada kenyataannya masih banyak pula para guru merasa kebingungan cara penerapannya.
(B.81)**